Sunday, May 6, 2012

Apa saja yang dibutuhkan agar kulit tetap Sehat dan Cantik ?

Siapa yang tidak ingin hidup sehat dan memiliki kulit yang cantik ? pasti semua orang menginginkannya terutama bagi wanita. Nah sadarkah kita kulit putih dan halus belum tentu bisa dikatakan sebagai kulit sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang kebutuhan gizinya terpenuhi. Apalgi kulit juga salah satu perlindungan  tubuh kita terhadap kuman dan bakteri penyebab sakit, tentu sebagai barier ( pertahanan / penghalang masuknya kuman dan bibit penyakit ke dalam tubuh ) kita harus memperhatikan kesehatan kulit itu sendiri. 
"Kulit yang sehat adalah kulit yang kebutuhan GIZInya terpenuhi"
Pasti kita bertanya tanya apa sajakah gizi untuk kulit itu bukan?
Berikut ini dipaparkan berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.


Vitamin A

Ingin kulit cerah dan halus? Vitamin A penting bagi tubuh kita untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tertentu selain itu juga membantu menjaga kelembaban lapisan kulit bawah. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari jeruk, wortel atau blewah, selain itu sayuran hijau ( bayam, brokoli ) telur, dan produk susu rendah lemak seperti keju dan susu juga merupakan sumber makanan kaya vitamin A.

Vitamin C

Vitamin C membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas serta diperlukan untuk memproduksi kolagen. Radikal bebas umumnya merusak serat kulit seperti kolagen dan elastin. Vitamin ini bisa didapat dari paprika merah, buah sitrus, pepaya, kiwi, brokoli, cabe, daun singkong, stroberi, jeruk, mangga, kubis, dan tomat.

Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan lain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari karena sifatnya yang bisa menetralisir radikal bebas serta melembabkan kulit. Vitamin ini juga berperan sebagai antiperadangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa didapatkan dari alpukat, almond, jagung, bayam, brokoli, kiwi, kacang tanah, mangga, minyak gandum, minyak sayur, zaitun, bayam, dan asparagus. 

Vitamin B 

Vitamin B berguna untuk menjaga warna kulit tetap sehat, membantu mengurangi stress dan jerawat.
Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari roti gandum, kacang- kacangan dan sereal.

Zinc

Zinc bekerja Sama dengan vit A memproduksi kolagen dan elastin. makanan yang banyak mengandung Zinc adalah kerang, biji bijian , Susu dan keju.

Air

Air menjaga akar kulit tetap lembab, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu sel menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu, air juga memperlancar aliran darah, menjaga kulit tetap bercahaya.

Selenium

Selenium merupakan mineral yang membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas. Selain itu, mineral ini juga berfungsi mencegah kanker. Anda bisa mendapatkan selenium dari makanan seperti kacang brazil, jamur kancing, udang, daging domba, ikan cod, tuna, salmon, daging sapi, kerang, sarden, kepiting, dan pasta whole-wheat. 

Nah sekarang anda sudah mengetahui zat gizi apa yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat bukan, apapun keadaan anda, anda tidak dapat menghindari bahaya bahaya yang merusak kulit anda, tetapi yang dapat anda lakukan adalah menjaga kondisi kulit anda agar tetap sehat dan cantik.

Baca juga :
 

No comments:

Post a Comment